OTIS

OTIS (Organisasi Taruna Intra Sekolah) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia. OTIS diurus dan dikelola oleh taruna/i yang terpilih untuk menjadi pengurus OTIS.

Sebagai satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan yang selaras dengan visi misi sekolah maka organisasi ini bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekolah. Karena OSIS sendiri merupakan wadah organisasi siswa di sekolah. Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah yang bersangkutan.
Kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS dapat dibagi atas 2 macam kegiatan, yaitu kegiatan rutin dan kegiatan insidentil. Contoh kegiatan rutin adalah melaksanakan peringatan Hari Besar Agama Islam, peringatan Hari Besar Nasional, Latihan Kepemimpinan, Peringatan Hari Jadi Sekolah, Masa Orientasi Siswa baru, latihan pidato, senam bersama, penerbitan mading dan lain-lain. Dalam pengertian bahwa kegiatan tersebut sudah dijadwalkan terlebih dahulu dan bersifat rutin diadakan, entah tiap tahun, tiap bulan atau tiap minggu.

OTIS memiliki struktur yang telah diatur dalam berbagai koordinator bidang seprti:

1. Bidang keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang
Maha Esa

2. Bidang budi pekerti luhur atau akhlak mulia

3. Bidang wawasan kebangsaan, dan bela negara

4. Bidang kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan

5. Bidang Olah raga dan seni

6. Bidang Pendidikan akademik

Iklan

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: